Cari daftar harga tiket AirAsia yang lagi promo?

Di pergi.com kamu bisa cek, daftar, booking online dengan harga termurah.

Jun
27
2017
BERANGKAT
PULANG PERGI
+
+
+
* Jumlah maksimal penumpang dewasa = 7, Anak = 6, Bayi = 4
* Penumpang bayi tidak boleh melebihi dewasa
Profil AirAsia
Didirikan pada tahun 1993, Air Asia hadir sebagai perusahaan penerbangan milik pemerintah Malaysia. Sebagai maskapai penerbangan yang baru, Air Asia menghadapi persaingan ketat dengan banyak perusahaan penerbangan lain yang sudah lahir sebelumnya. Keadaan ini juga yang membawa Air Asia pada kondisi keuangan yang terpuruk dengan hutang 40 juta Ringgit Malaysia.

Pada 2 Desember 2001, Tony Fernandes membeli Air Asia secara resmi. Tony Fernandes kemudian melakukan rebranding dan menjalankan strategi baru yang akhirnya membawa Air Asia pada kondisi perusahaan yang lebih baik. Maskapai yang awalnya hanya memiliki dua unit pesawat ini, saat ini memiliki jaringan di berbagai negara di Asia. Indonesia sendiri menjadi pasar Air Asia yang berpotensi besar sejak tahun 2000. Saat itu, operasional AWAIR sempat tertunda, dan baru aktif melayani penerbangan domestik di Indonesia pada tahun 2004.

Pada mulanya, Air Asia hadir di Indonesia sebagai afiliasi dari AWAIR (Air Wagon International) yang didirikan oleh Abdurrahman Wahid pada tahun 1999. Hingga di tahun 2005, tepatnya tanggal 1 Desember, AWAIR berubah nama menjadi Air Asia Indonesia. Sesuai dengan hukum yang berada, bahwa perusahaan asing tidak dapat memiliki pembagian saham yang lebih besar dalam penerbangan sipil di Indonesia. Oleh karena itu, Air Asia Indonesia hadir dengan kebijakan Air Asia Berhard memegang 49% saham, dan Fersindo Nusaperkasa mendapatkan 51% saham.

Saat ini Air Asia Indonesia menjadi pemain utama dalam penerbangan bertarif rendah untuk rute domestik dan internasional. Bahkan pada bulan Juli di tahun 2012, Air Asia Berhard berencana untuk mengakuisisi Batavia Air dalam dua tahap. Proses akuisisi ini tetap berlangsung walaupun sempat mengundang kontroversi. Akhirnya, pada bulan Oktober, 2012, Air Asia mengumumkan pembatalan proses akuisisi Batavia Air. Sebagai gantinya, mereka membentuk kerjasama secara terpisah berupa sekolah untuk para calon pilot.

Tidak seperti saat pertama kali Air Asia beroperasi di Indonesia, saat ini maskapai LCC (Low Cost Carrier) lainnya sudah bermunculan dan juga menuai sukses, seperti Citilink dan Lion Air. Air Asia juga dalam enam tahun berturut-turut meraih penghargaan sebagai maskapai LCC terbaik di dunia versi Skytrax. Tidak salah juga jika CEO Air Asia, Tony Fernandes, seringkalo meraih penghargaan karena keberhasilannya dalam membawa Air Asia keluar dari keterpurukannya.
Kebijakan AirAsia
Prosedur Pembatalan/ Perubahan/ Refund Air Asia

Untuk keterangan lebih lanjut, kunjungi halaman Bantuan

Kebijakan Penumpang Bayi dan Anak-Anak Maskapai Air Asia
  • Tarif khusus diberlakukan untuk anak-anak usia 6 hari sampai 2 tahun (24 bulan)

  • Bayi hanya boleh ikut jika berada dalam pangkuan penumpang dewasa. Maksimum 1 bayi untuk 1 penumpang dewasa.

  • Kereta bayi atau stroller hanya boleh ditaruh di bagasi dan tidak dipungut biaya. Penumpang dapat mendaftarkan kereta bayi saat pemesanan.

  • Bayi berusia kurang dari 8 hari hanya diizinkan terbang jika disertakan surat keterangan resmi dari dokter dan orang tua bayi harus menandatangani Surat Pernyataan Pertanggungjawaban Terbatas saat check-in bandara.

  • Anak-anak di bawah 12 tahun diizinkan mengikuti penerbangan jika didampingi satu penumpang dewasa dengan usia minimal 18 tahun.


Kebijakan Penumpang Dalam Kondisi Khusus Maskapai Air Asia

  • Wanita hamil wajib memberitahukan kondisinya saat check-in di bandara.

  • Wanita dengan masa kehamilan sampai 27 minggu diizinkan mengikuti penerbangan tanpa surat keterangan dokter, dan harus menandatangani Surat Pernyataan Pertanggungjawaban Terbatas check-in di bandara.

  • Wanita dengan masa kehamilan 28-34 minggu diizinkan terbang dengan menyertakan surat keterangan dokter yang berlaku maksimal 30 hari sebelum keberangkatan, dan harus menandatangani Surat Pernyataan Pertanggungjawaban Terbatas check-in di bandara.

  • Wanita dengan masa kehamilan lebih dari 35 minggu tidak diperbolehkan ikut dalam penerbangan.

  • Penumpang penyandang disabilitas atau penumpang berkebutuhan khusus wajib memberitahu call center maksimum 48 jam sebelum keberangkatan, agar maskapai dapat menyediakan kebutuhan khusus sesuai permintaan. Selain itu, penumpang penyandang disabilitas atau yang sedang menjalani perawatan medis wajib menyertakan surat keterangan medis saat check-in di bandara.

  • Penumpang penyandang disabilitas wajib didampingi minimal satu asisten pribadi jika penumpang tidak dapat menjalankan prosedur keselamatan sendiri atau tidak memahami instruksi keselamatan.

  • Penumpang penyandang disabilitas tidak dapat memilih tempat duduk di dekat pintu darurat demi keselamatan bersama.

  • Untuk keamanan, maskapai hanya boleh membawa maksimal 4 penumpang penyandang disabilitas dalam satu penerbangan. Jika dalam situasi tertentu, maskapai hanya boleh membawa maksimal 2 penumpang penyandang disabilitas dalam satu penerbangan.

  • Kursi roda dengan baterai terpasang tidak diperbolehkan untuk dibawa dalam penerbangan. Kursi roda tanpa baterai diperbolehkan dibawa dalam bagasi dengan berat maksimal 85 kg.

  • Maskapai berhak menolak penumpang dengan kondisi tertentu, misalnya yang mengidap penyakit atau infeksi penyakit menular untuk menjaga keselamatan penumpang lain.

  • Penumpang berkebutuhan khusus diharuskan melakukan check-in langsung di bandara.